Takut Disuntik? Yuk Atasi dengan 4 Cara Ini

Home / Gaya Hidup / Takut Disuntik? Yuk Atasi dengan 4 Cara Ini
Takut Disuntik? Yuk Atasi dengan 4 Cara Ini ILUSTRASI - Takut Disuntik. (FOTO: Hello Sehat)

TIMESTERNATE, JAKARTA – Bagi sebagian orang disuntik adalah hal yang biasa. Namun, ada orang yang justru takut saat akan disuntik. Bahkan, ada juga yang sudah ketakutan saat melihat jarum suntik. Anda termasuk yang takut disuntik?

Takut dengan jarum suntik dikenal dengan istilah medis tripanofobia. Kondisi ini menyebabkan seseorang yang mengalami kenaikan tekanan darah, detak jantung, bahkan pingsan setelah melihat jarum.

Kebanyakan yang memiliki ketakutan ini biasanya pernah mengalami trauma dengan penggunaan jarum. Padahal takut jarum suntik bisa menghambat jika seseorang sedang berobat ke dokter.

Untuk mengantisipasinya, pasien harus mampu mengatasi rasa takut disuntik. National Health Service memberikan langkah-langkah untuk menghadapi situasi takut disuntik.

1. Beri tahu kondisi Anda

Bila Anda berniat menjalani perawatan yang melibatkan jarum suntik, beri tahu fobia yang Anda miliki pada tim medis. Beri tahu pula sejauh mana perawatan yang Anda lakukan untuk mengatasi rasa takut disuntik tersebut.

Dengan begitu, tim medis mampu memberikan perawatan dengan cara yang paling tepat dan hati-hati tanpa memicu munculnya gejala fobia.

2. Lakukan applied tension

Saat Anda tahu harus berhadapan dengan jarum, gejala fobia dapat muncul. Biasanya, Anda akan merasa tegang dan cemas sehingga membuat tekanan darah tidak stabil. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, cobalah untuk melakukan applied tension.

Applied tension adalah cara mengatasi takut disuntik yang sederhana, yaitu untuk mengembalikan tekanan darah ke tingkat normal agar Anda tidak pingsan. Carilah tempat yang nyaman untuk Anda duduk. Kemudian, lemaskan otot-otot di tangan, leher, dan kaki  selama 10 hingga 15 detik.

Kemudian, perbaiki posisi duduk Anda jadi lebih tegak selama 20 detik dan ulangi gerakan untuk melemaskan otot-otot. Lakukan hal ini secara berulang hingga Anda merasa lebih baik.

Agar efeknya lebih optimal, lakukan teknik ini secara rutin tiga kali sehari selama satu minggu sebelum penyuntikan dilakukan.

3. Latihan pernapasan

Selain teknik applied tension, Anda juga bisa melakukan latihan pernapasan untuk mengatasi rasa takut disuntik. Duduklah dengan nyaman, dengan posisi punggung tegak namun tidak kaku. Letakkan satu tangan Anda di depan perut.

Ambil napas panjang dan dalam dari hidung, keluarkan secara perlahan lewat mulut. Lakukan hal ini sebanyak lima kali hingga Anda merasa nyaman.

4. Hadapi ketakutan Anda

Setelah Anda melakukan berbagai cara mengatasi rasa takut disuntik di atas, selanjutnya adalah hadapi ketakutan tersebut. Anda bisa meminta bantuan suster atau orang terdekat Anda untuk menemani.

Sugesti pikiran Anda bahwa jarum yang menusuk rasanya tidak sesakit yang Anda duga, contohnya seringan gigitan semut atau cubitan tangan. Cara ini memang tidak mudah, namun bila dilakukan secara konsisten, rasa takut bisa Anda kendalikan lebih baik.

Sekalipun Anda tidak didiagnosis mengidap tripanofobia, jika Anda memang merasa merasa takut disuntik, cobalah mengikuti tips di atas untuk mengatasinya. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com