Awas! Polusi Udara Bisa Sebabkan 3 Penyakit Mematikan Ini

Home / Gaya Hidup / Awas! Polusi Udara Bisa Sebabkan 3 Penyakit Mematikan Ini
Awas! Polusi Udara Bisa Sebabkan 3 Penyakit Mematikan Ini ILUSTRASI - Polusi Udara. (FOTO: konilife.com)

TIMESTERNATE, JAKARTAPolusi udara telah menjadi masalah dunia. Kegiatan industri berskala besar dan emisi kendaraan adalah penyebab utama polusi udara. Mikropartikel beracun yang disebarkan dapat memasuki paru-paru manusia dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Dalam jangka panjang, polusi udara bahkan dapat mencetuskan berbagai penyakit mematikan.

Berikut ini adalah tiga penyakit mematikan yang sangat mungkin terjadi akibat paparan polusi udara yang tinggi.

1. Penyakit paru obstruktif kronis (PPOK)

Penyakit ini merupakan peradangan paru-paru jangka panjang, yang membuat aliran udara di organ pernapasan ini mengalami hambatan. Selain paparan polusi udara dalam jangka waktu lama dan secara berulang, penyakit ini juga bisa terjadi akibat kebiasaan menghirup asap rokok, debu, bahan kimia di lingkungan kerja dan infeksi. 

PPOK identik dengan gejala batuk berdahak untuk jangka waktu lama dan sesak napas. Pada keadaan yang berat, sesak napas yang terjadi dapat begitu menyiksa sehingga penderita benar-benar kesulitan bernapas. 

2. Kanker paru-paru

Kanker paru-paru adalah penyebab kematian pria nomor satu di Indonesia. Pada penyakit ini, sel paru menjadi abnormal sehingga tumbuh secara tidak terkendali.

Kanker paru bisa terjadi akibat polusi udara, juga akibat kebiasaan merokok. Badan Internasional untuk Penelitian Kanker (IARC) telah mengklasifikasikan polusi udara luar ruangan sebagai agen karsinogen penyebab kanker paru. Lebih lanjut, IARC juga menduga bahwa polusi udara luar ruangan berpotensi meningkatkan risiko kandung kemih.

3. Masalah kardiovaskular

Polutan udara berbahaya, seperti karbon monoksida, nitrogen dioksida dan ozon dapat bercampur dalam aliran darah. Kombinasi ini bisa menyebabkan gangguan kardiovaskular (pembuluh darah), salah satunya penyakit jantung koroner.

Penyakit jantung koroner ditandai dengan penyumbatan pembuluh darah jantung, yang bisa berakhir pada serangan jantung. Kondisi ini bisa menyebabkan kematian mendadak, apalagi bila pasien tidak mendapatkan pengobatan sejak dini dengan tepat.

Polusi udara memang tidak terlalu tampak apabila dilihat dengan mata telanjang. Namun, dampak yang ditimbulkannya bisa sangat merugikan, yang bahkan memicu penyakit mematikan. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com