Awas! Cara Memasak Ini Bisa Sebabkan Berat Badan Naik

Home / Gaya Hidup / Awas! Cara Memasak Ini Bisa Sebabkan Berat Badan Naik
Awas! Cara Memasak Ini Bisa Sebabkan Berat Badan Naik Ilustrasi. (Greatist)

TIMESTERNATE, JAKARTATubuh gemuk bukan hanya disebabkan terlalu banyak makan. Cara memasak yang salah juga menjadi salah satu pemicu mudahnya berat badan naik. Cara memasak seperti apa yang harus dihindari agar berat badan tidak naik terus dan baik untuk kesehatan?

Dilansir dari Hello Sehat, berikut cara memasak yang bisa membuat berat badan mudah naik.

1. Terlalu banyak pakai minyak

Dilansir dari Everyday Health, menggunakan minyak terlalu banyak adalah cara memasak yang salah tapi masih sangat sering dilakukan. Bahkan, banyak orang yang sebenarnya tidak sadar mereka kebanyakan pakai minyak saat memasak, meski tidak perlu-perlu amat.

Padahal satu sendok teh minyak kelapa sawit yang biasa dipakai menggoreng saja mengandung 120 kalori. Semakin banyak minyak yang digunakan, semakin banyak asupan kalori tambahan, dan akhirnya berat badan semakin naik.

2. Mengikuti resep sama persis dengan yang ada di TV

Sebuah penelitian terbitan Appetite journal menemukan bahwa wanita yang memasak sambil mengikuti resep yang dipertontonkan dalam acara masak-masak di TV dari awal sampai akhir mengalami peningkatan indeks massa tubuh (BMI) yang lebih tinggi daripada wanita yang memasak dengan membaca resep tulisan.

3. Masak untuk porsi banyak orang

Ketika memasak, Anda mungkin tidak benar-benar memperhitungkan berapa banyak porsi yang bisa didapat dari masakan tersebut. Selain mubazir karena porsinya berlebihan, Anda tentu akan berusaha menghabiskannya dalam waktu cepat agar tidak basi. Ini yang bisa semakin meningkatkan berat badan Anda.

4. Mencicip makanan yang dimasak

Tidak ada salahnya untuk sekadar mencicipi masakan yang sedang dimasak. Namun, jangan keterusan jadi sering. Terlalu sering mencicipi masakan ini bisa bikin Anda sulit berhenti ngemil. Tidak heran jika berat badan Anda jadi naik tanpa disadari.

5. Terlalu banyak pakai saus dan bumbu instan

Meski bikin masakan terasa lebih sedap, terlalu banyak saus menyebabkan tubuh menyimpan kelebihan gula dan diubah menjadi lemak. Terlalu banyak garam, baik dari garam dapur maupun natrium yang terkandung dalam saus dan bumbu instan, juga tidak baik untuk kesehatan dan membuat berat badan naik. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com