Tips Mengatasi Bau Ketiak dengan Bahan Alami

Home / Gaya Hidup / Tips Mengatasi Bau Ketiak dengan Bahan Alami
Tips Mengatasi Bau Ketiak dengan Bahan Alami ILUSTRASI - Mengatasi Bau Ketiak. (FOTO: shutterstock)

TIMESTERNATE, JAKARTA – Bau badan bisa bersumber dari keringat berlebih pada ketiak. Keringat berlebih di ketiak bisa disebabkan oleh berbagai hal, terutama hormon dan makanan. Bau badan atau bau ketiak ini tentu membuat Anda kurang percaya diri. Untuk mengatasi hal ini tidak cukup dengan memakai deodoran saja. Berikut ini cara mengatasi bau ketiak secara alami yang bisa Anda lakukan.

1. Jeruk lemon

Jeruk lemon berkhasiat untuk mengurangi kelembapan keringat, selain itu manfaat lainnya bisa menjadikan ketiak menjadi lebih putih dan bersih. Caranya aplikasikan sebelum mandi dan biarkan sebentar, kemudian mandilah seperti biasa.

2. Tepung maizena

Tepung maizena bisa dimanfaatkan sebagai bedak pada ketika untuk menyerap kelebihan keringat dan kelembapan, serta mencegah bau badan. Tapi perlu diperhatikan hindari menggunakan pakaian berwarna gelap karena akan terlihat sangat jelas.

3. Baking soda

Untuk mengatasi keringat berlebih bisa diatasi menggunakan baking soda. Caranya buatlah pasta dari baking soda dan air, lalu oleskan pasta tersebut pada area ketiak dan biarkan selama 30 menit. Bilaslah dengan air dingin dan dalam jangka waktu beberapa lama keringat Anda akan bisa dikendalikan. Jika pertama kali membuat kulit menjadi kering, Anda tidak perlu khawatir karena ini merupakan reaksi yang wajar.

4. Cuka apel

Cuka apel bisa dimanfaatkan untuk mengatasi ketiak basah dan bau tak sedap yang dikeluarkannya. Caranya oleskan cuka apel dengan kapas pada area ketiak sebelum Anda mandi, biarkan hal ini selama 15 menit baru kemudian mandilah seperti biasanya.

5. Lobak

Parut lobak, peras lobak yang telah diparut untuk mendapatkan sarinya. Oleskan perasan air lobak pada ketian Anda. Cara ini akan mengurangi bau maksimal 10 jam.

6. Air mawar

Air mawar adalah obat yang sangat menenangkan untuk menghilangkan bau ketiak. Oleskan beberapa tetes air mawar di ketiak. Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes air mawar di bak mandi Anda untuk memberi kesegaran pada ketiak yang tahan lama.

7. Tomat

Ambil daging tomat dan gunakan langsung di ketiak Anda. Biarkan selama 15 menit. kemudian bersihkan menggunakan air bersih. Untuk mendapatkan hasil yang efektif, praktikkan cara ini selama beberapa minggu.

8. Tawas

Tawas juga bisa digunakan sebagai deodoran alami. Tuangkan air ke atas tawas. Gosokkan dengan lembut di ketiak Anda untuk beberapa waktu. Ini akan menjadi kering dengan sendirinya. Perlu diingat! Gunakan hanya sisi tumpul potongan tawas untuk menggosok pada ketiak.

9. Minyak kelapa

Minyak kelapa kaya akan asam laurat, dikenal dapat menghilangkan bakteri yang ada di tubuh kita, sehingga membantu menghilangkan bau badan terutama di ketiak.

Caranya oleskan sedikit minyak kelapa langsung pada ketiak. Bila bau badan terlalu menyengat, Anda bisa mencampur bubuk asam sitrat dengan air dan gunakan untuk membilas. Setelah dikeringkan, kembali oleskan minyak kelapa. Cara mengatasi bau ketiak ini bisa dilakukan setiap hari. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com