Terbiasa Makan Terlalu Cepat? Waspadai Bahayanya untuk Kesehatan

Home / Gaya Hidup / Terbiasa Makan Terlalu Cepat? Waspadai Bahayanya untuk Kesehatan
Terbiasa Makan Terlalu Cepat? Waspadai Bahayanya untuk Kesehatan Ilustrasi Makan. (FOTO: Istimewa)

TIMESTERNATE, JAKARTA – Beberapa orang terbiasa makan cepat. Kecepatan makan Anda tanpa disadari bisa memengaruhi kesehatan tubuh. Makan terlalu cepat atau tergesa-gesa apalagi tak mengunyah dengan benar bisa merugikan kesehatan Anda.

Berikut masalah yang bisa muncul bila Anda makan terlalu cepat seperti dilansir dari berbagai sumber.

1. Makan berlebihan

Salah satu alasan perlunya memperlambat kecepatan makan karena dapat menyebabkan Anda makan terlalu banyak. Makan berlebihan, pada gilirannya, dapat menyebabkan penambahan berat badan yang tidak perlu.

Ketika otak tidak diberi waktu untuk menyadari perut telah penuh, maka ini bisa membuat Anda makan lebih banyak termasuk perkara kalori.

2. Risiko obesitas

Obesitas terutama menyerang mereka yang makan cepat, bukannya semata karena kurangnya kekuatan kemauan, tidak aktif dan diet yang buruk. Cobalah makan perlahan.

3. Pencernaan yang buruk

Bagaimana makanan akan dicerna ketika Anda mengkonsumsinya dengan cepat? Mereka yang makan dengan cepat mengambil gigitan besar dan menelan makanan tanpa mengunyah dengan benar.

Terkadang, diselingi dengan minum air atau minuman lainnya. Kebiasaan makan ini buruk karena bisa membuat makanan tidak bisa dicerna dengan benar, dan menyebabkan iritasi.

4. Resistensi insulin

Makan dengan cepat dapat menyebabkan resistensi insulin yang ditandai dengan kadar gula darah dan insulin yang tinggi.

5. Tersedak

Bahaya makan terlalu cepat yang utama adalah membuat Anda tersedak karena sistem dan organ tubuh belum mampu mengolah makanan dengan sempurna namun makanan terus dikonsumsi dengan terburu-buru.

Tersedak merupakan kondisi yang cukup berbahaya, karena jika tidak segera mendapat penanganan yang tepat tubuh bisa mengalami gangguan pernapasan.

6. Asam lambung

Makanan yang dengan cepat dan dalam jumlah besar mengalir ke perut dapat menyebabkan penyakit asam lambung. Kondisi ini bisa menyebabkan sensasi terbakar. Komplikasi yang bisa terjadi seperti mulas, mual, sakit perut, kesulitan menelan, penyempitan kerongkongan, tukak, hingga pendarahan.

Agar tidak mengalami gangguan kesehatan di atas, selain tidak makan terlalu cepat, jangan melewatkan jam makan. Saat merasa lapar berlebihan, Anda cenderung makan lebih banyak dari yang seharusnya. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com